Donat Kentang

Sebenarnya sudah lama banget ngidam bikin kue satu ini.
Membayangkan mengudap donat yg empuk, ga seret.. benar2 bikin ngiler. hehehehe…
Resepnya dapat dr buku resep kakak yg udah jadul banget. Kalau sesuai resep menghaluskan kentang cukup pakai ulekan, tp kemarin waktu praktek kentang kukusnya setelah diulek pake acara ku blender juga.. benar2 smooth. Blendernya pakai gelas kecil yg biasa buat blender bumbu itu.
Hasilnya…. absolutely yummy… bener2 empuk. oh ya, klo uleni adonan ini kudu telaten ya.. krn adonan ini pertama terasa lembek, tp lama2 ga lengket d tangan kok.
Happy Baking with love ya..

responsive

Bahan untuk membuat Donat Kentang

  • 400 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
  • 100 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 250 gr kentang yg sudah dikukus, dihaluskan, dan didinginkan
  • 50 gr susu bubuk full cream
  • 75 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instant
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 70 gr margarin
  • sejumput garam

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Campur ragi instant, 1 sdt gula pasir, dan air hangat. Aduk hingga larut, diamkan hingga berbusa tinggi (kurang lebih 5 menit) + Tinggalkan pesan Batal
  2. Campur dalam baskom kedua jenis terigu, susu bubuk, gula pasir, dan kentang. Aduk rata. Tuang air ragi, uleni hingga menyatu rata. + Tinggalkan pesan Batal
  3. Tambahkan kuning telur, garam, dan margarine. Uleni hingga kalis, adonan menjadi licin dan tidak menempel di tangan. + Tinggalkan pesan Batal
  4. Tutup adonan dengan plastik wrap atau lap basah. Diamkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2x lipat. + Tinggalkan pesan Batal
  5. Kempiskan adonan. Bagi2 adonan sesuai selera, bentuk bulat licin. Diamkan 10 menit. Kemarin aku timbang untuk yg kulubangi tengahnya 40 gr, untuk yg kutusuk di tusuk sate 20 gr. + Tinggalkan pesan Batal
  6. Goreng adonan hingga matang. Goreng d minyak panas dengan api kecil. Jangan dibolak balik, cukup biarkan setelah 1 sisi coklat baru dibalik, setelah satunya coklat segera angkat.
    Hias sesuai selera. Aku kemarin cukup kukocok dengan gula donat (lakukan ketika masih panas). + Tinggalkan pesan Batal

responsive