Donat Kentang Nano Nano (Beignets à La Confiture Et Au Chocolat)

Gw masuk grup masak d fb, temanya tiap minggu tuh berubah2, nah minggu itu bikin masakan yg bhnnya ada kentangnya, maka terpikirlah bikin donat kentang, sekalian memperkenalkan ke mereka, ibu2 Maroko ^^

Bahan untuk membuat Donat Kentang Nano Nano (Beignets à la Confiture et au Chocolat)

  • 5 biji Kentang
  • secukupnya Air
  • 1 bungkus Ragi
  • 700 gram Tepung Terigu Protein Sedang
  • 120 gram Gula Bubuk
  • 4 sendok makan Susu Bubuk
  • 1 sendok teh Baking Powder
  • secukupnya Baking Soda
  • 4 biji Telur Ayam
  • secukupnya Garam
  • 75 gram Mentega
  • 100 ml Air Es
  • secukupnya Minyak Goreng
  • secukupnya Gula Halus
  • secukupnya Cokelat
  • secukupnya Selai Strawberry
  • secukupnya Kacang Almond
  • 100 gram Dark Chocolate
  • secukupnya Mentega

Cara Membuat Donat Kentang Nano Nano (Beignets à la Confiture et au Chocolat)

  1. Rebus kentang sampai lunak, buang air rebusan dan tuangkan air dingin (agar cepat dingin), biarkan dingin. Setelah dingin, kupas kulitnya dan tumbuk/haluskan dengan blender sampai betul2 menjadi bubur kentang. + Tinggalkan pesan Batal
  2. Siapkan 5 sendok makan air hangat (jangan panas) lalu tuangkan ragi, biarkan sekitar 10 menit. + Tinggalkan pesan Batal
  3. Dalam sebuah wadah, tuangkan 300 gram tepung terigu, gula, susu bubuk, baking powder dan baking soda, campur rata. Lalu tuangkan sekarang campuran ragi dan air tadi. Aduk. + Tinggalkan pesan Batal
  4. Tuangkan sekarang bubur kentang, telur, sisa 400 gram tepung terigu, garam dan mentega, mulai uleni adonan hingga betul2 tercampur rata, elastis dan kalis sambil menambahkan sedikit demi sedikit air dingin. Jika terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung dan lanjutkan menguleni. + Tinggalkan pesan Batal
  5. Setelah selesai, (adonan betul2 kalis, tidak lengket dan elastis), bentuk menjadi 1 bulatan dan tutup dengan kain lap lembab bersih lalu diamkan selama 1 jam. + Tinggalkan pesan Batal
  6. Setelah 1 jam, bagi2 adonan menjadi 22 adonan kecil dan diamkan lagi selama 30 menit. + Tinggalkan pesan Batal
  7. Goreng dalam minyak panas di atas api kecil (agar donat matang seluruhnya), gunakan sumpit untuk membentuk bulatan di tengah2 donat segera setelah donat di goreng di dalam minyak panas. + Tinggalkan pesan Batal
  8. Gw bikin variasi pake selai strawberry dan coklat Nutella, jadi di pinggir donat gw masukin selainya dengan bantuan syringe pastry trus digoreng deh. Setelah matang, hiasi dengan coklat cair (gw cairkan Dark Chocolat dengan mentega secukupnya) lalu di atasnya di taburi irisan kacang Almond hmmm yummy, bisa jg di taburi dengan gula halus 🙂 Enak banget buat cemilan sore hari atau di bawa serta sbg kado kalo di undang makan malam sm temen 🙂 + Tinggalkan pesan Batal

Menu atau resep Donat Kentang Nano Nano (Beignets à La Confiture Et Au Chocolat) ini dapat di hidangkan dalam 180 menit untuk 12 porsi