Meracik Sushi Bersama Anak di Rumah

jlmc-sushi

Ada rencana apa untuk mengisi weekend kali ini ? memasak bersama anak bisa dijadikan pilihan untuk mengisi hari libur di rumah. Memasak bersama anak akan memberi kesempatan untuk lebih dekat dengan anak. Suasana ini juga membantu memberi rasa percaya diri pada anak sebagai insan kreatif saat ia besar nanti. hal yang lebih menarik lagi saat mencicipi masakan atau makanan yang dibuat sendiri akan menumbuhkan rasa petua;angan dalam selera makan anan.

Bagaimana bila mencoba meracik sushi saat di rumah. Membuat sushi tidak selalu membutuhkan ikan mentah. Modalnya cukup nasi yang dicampur ketan agar lengket dan sisanya terserah Anda.

Yang paling mendasar adalah membuat sushi dengan timun. berikut ini langkah-langkahnya ;

  • Langkah pertama tekan-tekan nasi. taruh lembaran nori atau rumput laut. letakkan bagian yang mengkilap di bawah. celupkan tangan pada air air cuka. lalu tekan-tekan nasi di atas nori hingga tebalnya 1 cm.
  • Balurkan mayones di atas nasi secukupnya. gunakan sendok untuk menghasilkan lapisan tipis di bagian tengah nasi.
  • Tambahkan isian di dalam sushi, misalnya tuna kaleng dan potongan mentimun.
  • gulung dan sedikit tekan agar menghasilkan gulungan yang ketat dan rapi.
  • Bungkus dengan plastic wrap. kemudian  potong sushi setelah bungkus plastic wrap diangkat.

Bisa juga ajak anak membuat bola-bola sushi. pertama pilih isian untuk sushi. Letakkan telakkan isian itu di plastic wrap misalnya separuh udang atau sedikit salmon usap.

Agar tangan tidak kotor gunakan tangan yang agak basah untuk membuat bola dari nasi dan letakkan di atas isian. kemudian buat bulatan sushi. kencangkan dengan mengikat bagian atas dengan plastic wrap. setelah dirapikan, angkat pastik dan Sushi siap dihidangkan.

Selamat Mencoba !!