Wajib Baca : Ini 5 Makanan Penyebab Kanker Yang Ternyata Dimakan Setiap Hari

150709081impordagingolahan

Jika Anda berkeinginan memiliki tubuh yang sehat maka Anda harus memiliki pola hidup sehat. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan harian Anda. Konsumsi sayur dan buah serta mengurangi lemak dan minyak dalam setiap makanan adalah hal wajib untuk menghindari kelebihan berat badan dan penyakit.

Bukan hanya itu, makanan Anda selama ini bisa jadi adalah sumber penyakit kanker jika tidak diperhatikan sejak dini. Seperti dikutip dari lolwot.com, ada banyak makanan penyebab kanker yang ternyata dimakan hampir setiap hari oleh setiap orang, seperti berikut ini

1. Daging olahan
Daging menjadi salah satu makanan favorit setiap orang, dan kini sudah banyak daging yang diolah menjadi lebih mudah dikonsumsi dan tahan lama. Tapi justru inilah yang tidak sehat. Daging olahan seperti nugget, sosis, kornet, dendeng dan lain sebagainya memiliki sedikit nutrisi.

Bukan hanya itu, daging olahan juga memiliki lebih banyak sodium/garam dan bahan pengawet yang bersifat karsinogenik, atau memicu tumbuhnya kanker. Pengawet dalam daging olahan seperti natrium nitrat dan natrium nitrit dikenal dapat meningkatkan potensi kanker usus besar dan kanker lainnya.

2. Soda
Minuman berkarbonasi atau soda bukan hanya kaya gula atau glukosa yang menyebabkan kegemukan, namun juga kaya pengawet yang bisa memicu timbulnya kanker. Gula dalam minuman bersoda bisa meningkatkan risiko diabetes, belum lagi bahan kimia lain seperti pewarna makanan yang memberi peluang besar berkembangnya sel kanker.  Hindari sebisa mungkin minum-minuman bersoda. Minum satu kaleng dengan porsi sedang tidak akan mengganggu kesehatan, namun minum berlebihan, bahkan setiap hari justru membuat tubuh menjadi lahan yang baik untuk berkembangnya sel kanker.

3. Tepung terigu
Seperti yang Anda tahu, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menghindari berbagai penyakit, maka Anda harus menghindari berbagai makanan yang terbuat dari tepung terigu seperti roti dan mie. Alasannya tidak lain karena tepung terigu sebagian besar merupakan karbohidrat sederhana yang membuat Anda gemuk.

Bukan hanya itu, tepung terigu juga dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dan hal ini akan memudahkan sel kanker berkembang. Tumor dan sel kanker bisa berkembang dengan memakan gula dalam aliran darah. Bahkan sebuah penelitian dalam jurnal Cancer Epidemiology, menunjukkan bahwa konsumsi karbohidrat olahan seperti tepung terigu meningkatkan risiko kanker payudara.

4. Segala makanan kemasan
Supermarket dan lain sebagainya selalu penuh dengan rak makanan kemasan, dan semuanya memiliki potensi yang sama, yaitu meningkatkan risiko penyakit kanker. Ini karena setiap makanan memiliki MSG, atau perasa makanan yang bukan hanya membuat tubuh gemuk, namun juga mengundang penyakit, tidak terkecuali kanker.

Bukan hanya itu, makanan kemasan selalu memiliki pengawet makanan yang tidak bisa diproses di dalam tubuh. Pengawet itu bisa mengendap di dalam tubuh yang nantinya akan jadi sarang untuk sel kanker berkembang.

 

5. Keripik kentang dan kerupuk
Segala makanan yang renyah seperti kerupuk dan keripik kentang tidak memiliki gizi, justru sebaliknya bisa mengundang penyakit. Keripik kentang  dan kerupuk memiliki zat karsinogenik yang terbentuk saat makanan diproses pada suhu tinggi, seperti ketika dipanggang atau digoreng.

Apalagi, keripik kentang dan kerupuk memiliki banyak lemak trans karena melalui proses digoreng dan mengandung garam yang bisa meningkatkan potensi tekanan darah tinggi. Kerupuk justru sangat tidak baik karena terbuat dari tepung terigu yang diberi garam dan digoreng.

Oleh karena itu, menjaga asupan makanan itu sangat penting, bukan hanya untuk menjaga kesehatan secara umum, namun juga menghindari penyakit serius semacam kanker.