Variasi Masakan Ikan Salmon

11798528_m

Siapa sih yang tidak suka Sajian lezat dan bergizi dari ikan salmon?  ikan tersebut bisa menghadirkan repertoir fantastis di meja makan, apalagi bila Anda menyantapnya dengan seseorang yang spesial. Yuk, kita simak cara mudah memasaknya.

Goreng dengan sedikit minyak di wajan

Teknik ini bisa menghasilkan salmon dengan kulit yang renyah namun mempertahankan daging tetap segar, juicy dan tidak kering. Gunakan penggorengan antilengket dan butter atau minyak dengan titik didih tinggi. Panaskan minyak hingga panas sedang lalu masak salmon selama 4-5 menit. Balik dan masak sisi satunya selama 3-4 menit atau hingga warnanya mulai berubah sedikit merah muda di bagian tengah.

Merebus

Anda bisa merebus salmon dalam air, kaldu ikan, kaldu ayam atau susu dan berikan bumbu dan rempah (coba tambahkan daun salam, perasan jeruk nipis, dan cabai paprika). Jaga agar kaldu hanya mendidih kecil, tidak sampai bergejolak karena bisa menghancurkan ikan. Masukkan salmon perlahan dan masaklah sekurangnya 10 menit.

Asapi di atas pemanggangan

Ada beberapa langkah untuk mengasapi salmon Anda dan yang dibutuhkan adalah arang dan kayu, lalu penutup untuk menjebak asap, serta potongan kayu kecil yang sudah direndam air.

Tempatkan potongan kayu-kayu kecil di setengah bagian bawah jeruji pemanggang, sedekat mungkin dengan sumber panas yakni arang yang dibakar. Saat mereka mulai berasap turunkan panas pemanggangan agar kayu tetap berasap namun tidak mengeluarkan api, dalam kata lain ini adalah teknik memasak menggunakan bara, bukan api.

Letakkan salmon di atas besi pemanggang. Bila Anda tak mau salmon bersentuhan langsung dengan besi, gunting aluminium foil seukuran potongan ikan, letakkan salmon di atasnya dan tempatkan aluminium beserta ikan di atas pemanggang. Cara ini membuat asap dapat bergerak dan menyelimuti ikan Anda. Tutup pemanggangan Anda dan jangan buka saat ikan masih diasapai. Suhu di dalam ‘pengasap’ anda bisa mencapai 80-100 derajat C. Tunggulah paling tidak hingga 10 menit dan Anda bisa segera menikmati ikan salmon dalam cita rasa aduhai.

Panggang dengan oven

Ingin cara lain yang lebih seru, cobalah panggang irisan ikan salmon dalam kertas. Secara harafiah memang membungkus salmon anda yang sudah dicampur dengan minyak, bumbu, herbal, dan sedikit cairan (seperti perasan jeruk, daun ketumbar, salam) dengan kertas panggang. Masaklah dalam oven selama 8-10 menit. Sebelumnya, panaskan dahulu loyang dan tempatkan salmon dengan kulit berada di bawah untuk menghasilkan kulit yang renyah.

Variasi masakan di atas pasti akan memberikan kesan berbeda dalam tiap sajiannya. semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂