Trik mengolah Ikan Salmon Tanpa Bau Amis

ikan-salmon-37324

Salmon adalah salah satu ikan dengan sejuta manfaat. Bahkan, salmon kerap disebut sebagai bahan makanan unggul karena kandungan omega-3 yang dimilikinya.  Salmon tidak sekadar bisa diolah menjadi steak ikan atau sushi dan sashimi. Hendra Soejadi, corporate chef Horizon, mengatakan ada berbagai macam ide masakan menggunakan daging salmon.

“Lambung salmon misalnya sangat lezat,” katanya, beberapa waktu lalu. Lambung atau bagian perut bisa dibakar dengan hanya dibumbui garam dan lada. Sementara kepala dan sirip salmon bisa dimasak sup.

Hendra menyatakan beberapa trik yang bisa dijadikan refrerensi. Jika ingin memasak sup lambung atau kepala dan sirip salmon

  • pertama didihkan air. “Lalu masukkan tulang dan kepala salmon”
  • Setelah air mendidih, angkat salmon. Buang air rebusan. Penggantian air dikatakan Hendra bertujuan membuang bau amis ikan.
  • Masak kembali salmon menggunakan air biasa, masukkan bumbu-bumbu yang diinginkan seperti bawang bombay atau bawang putih. Masak dengan api sedang hingga matang.

Jika ingin menumis salmon, Hendra menyarankan melakukannya selama dua hingga tiga menit saja. “Pastikan potongan salmon tidak terlalu tebal,” katanya.

  • Bumbui dengan lada dan garam atau perasan jeruk.
  • Biarkan wajan panas terlebih dulu, lalu oleskan mentega dan tumis dua hingga tiga menit di tiap sisi. Lantas angkat.

Hal yang paling penting saat menumis salmon yaitu jangan terlalu lama menumisnya. Jika Anda menumisMenumis salmon terlalu lama akan membuat daging justru keras. “Rasanya jadi tidak enak,” ungkap Hendra.