Tips Mengupas dan Mengiris Bawang Tanpa Menangis

e57

Mengupas bawang merah adalah pekerjaan yang menyiksa bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Anda bisa terus menangis saat mengupas atau mengiris bawang merah. Selain rasa pedas pada mata, menangis saat mengupas atau mengiris bahan makanan tentu tidak nyaman.

Nah, bagaimana jika Anda harus mengupas bawang merah seorang diri dan dengan jumlah yang banyak? Simpan air mata Anda, dan simak tips di bawah ini  agar tak ada lagi lelehan air mata :

  1. Kupas bawang merah di dalam air dingin. Isi wadah atau baskom ukuran sedang dengan air, lalu kupas bawang merah di dalam air tersebut.
  2. Anda bisa memasukkan terlebih dahulu bawang merah ke dalam lemari es. Kemudian keluarkan dan segera kupas saat bawang merah dalam keadaan dingin.
  3. Manfaatkan air yang mengalir. Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.
  4. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap bisa mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.
  5. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.
  6. Gunakan bantuan kipas angin. Kipas angin ini akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah Anda menangis saat memotong bawang.

Dengan tips-tips tersebut, tak akan ada lagi air mata yang terbuang selama Anda berurusan dengan bawang merah. Selamat mencoba.