Tips Menghilangkan Rasa Panas Akibat Cabai

cabai-cabe

Anda Penggemar makanan pedas? Sambal atau daging rica-rica pasti sangat nikmat saat menikmatinya, tapi jika makan menggunakan tangan anda akan mengalami Hot Pepper Hands. Rasa panas menyengat di jari-jari Anda akibat cabai pasti sangat mengganggu. Jika secara tak sengaja memegang mata Anda, pasti mata Anda akan terasa perih dan panas.

Berikut ini ada beberapa solusi untuk mengatasi rasa panas menyengat di tangan seperti yang dilansir dari thekitchn.com, yang dapat Anda lakukan setelah terkena efek minyak cabai:

  • Minyak

Minyak dapat membantu melarutkan minyak cabai yang panas. Menggosok tangan Anda menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebelum memotong cabai atau paprika akan dapat mencegah sengatan efek panas cabai.

  • Alkohol

Minyak cabai atau capsaicin dapat larut dalam alkohol daripada air, sehingga minuman beralkohol macam Vodka dapat menghilangkan rasa pedas dan panas pada jari Anda.

  •  Sabun

Sabun cuci piring efektif untuk melarutkan minyak cabai dan lebih manjur daripada sabun cuci tangan biasa.

  • Susu dan Yogurt

Berdasarkan teori bahwa minyak dalam cabai lebih mudah larut dalam lemak daripada air ada benarnya. Olesi jari tangan anda dalam susu atau yogurt sampai sensasi terbakar berhenti.

  •  Garam

Usapkan garam ke tangan Anda, kemudian hangatkan tangan Anda di atas panas kompor sebentar saja, jika garam sudah meleleh dan mengeluarkan cairan, lalu ratakan hingga panas akibat cabai menghilang.

  • Pasta Baking Soda

Buatlah pasta kental dari baking soda dan air, kemudian oleskan di tangan Anda. Biarkan sebelum mengering sambil dibilas.

 Ingat, bahwa pencegahan terbaik untuk menghindari Hot Pepper Hands adalah dengan menggunakan sarung tangan, karena dengan begini Anda juga akan ingat untuk menghindari kontak dengan mata, untuk efek yang tidak di inginkan dan efek yang lebih fatal.