Tips Memilih Buah dan Sayur yang Sehat

buah-buahan

Manfaat buah buahan untuk kesehatan dan menghilangkan penyakit tentu sangat beragam, manfaat buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Membeli buah lokal dan sayuran juga merupakan salah satu cara untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Namun saat membeli buah dan sayur memerlukan kejelian. Agar tidak salah pilih saat membeli buah dan sayur. Berikut tips memilih buah dan sayur:

Memperhatikan warna
Buah dan sayuran yang paling lezat akan memiliki warna yang terang dan paling menggugah selera. Dikutip dari Herald Sun, Rabu (27/5), kulit permukaan buah dan sayur harus halus dan bebas kerut, tanpa noda atau tanda memar (busuk).

Jika Anda melihat warna kusam atau bercak putih atau hijau di permukaan, Anda harus meletakkannya kembali pada raknya semula. Hal itu menandakan bahwa buah tersebut tidak matang atau kurang mendapat sinar matahari saat masa penanamannya. Bisa juga buah dan sayur tersebut kurang nutrisi saat dalam masa pertumbuhan.

Perhatikan beratnya
Banyak orang yang selalu membeli produk yang volumenya relatif berat. Sehingga seringkali Anda membandingkan potongan yang berbeda sebelum memutuskan mana yang akan ditimbang dan dibawa pulang. Tentu saja belanjaan yang lebih berat dari produk akan dikenakan biaya lebih, tetapi Anda dapat mencicipi buah lezat yang terbaik apalagi jenis yang berair.

Menghirup aroma
Mengambil setiap buah yang terdapat di rak buah dan mencium aromanya merupakan salah satu cara agar Anda mendapatkan buah dan sayur yang lezat. Kemudian pilih buah dan sayur yang memiliki cahaya dan aroma manis. Produk mentah tidak akan memiliki bau sama sekali, bau akan tercium karena telah matang. Buah dan sayur yang berbau terlalu manis mungkin akan terlalu matang.

Berikut tadi tips-tips memilih sayur dan buah saat membeli ya … Sebaiknya Anda mengikuti tips diatas agar Anda terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.