Stop…!!! Merebus Botol Susu Jika Tidak Tahu Akibatnya

Sebagian ibu-ibu masih banyak yang percaya bahwa, jika ingin membersihkan atau mensterilkan botol susu, maka dia harus merebus botol tersebut agar kembali steril dan juga aman di gunakan oleh bayi. Tapi nyatanya semua hal itu adalah salah, karena pada dasarnya merebus botol susu malah akan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya bisa mengintai bayi Anda termasuk kanker bisa mengenai bayi Anda.

Ilustrasi merebus botol susu bayi

Ilustrasi merebus botol susu bayi

Menurut ahli gizi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Umum Ulin Banjarmasin mengatakan kebanyakan botol bayi itu terbuat dari bahan plastik polikarbonat, dan ternyata jika jenis plastik polikarbonat di panaskan akan bisa menimbulkan senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang dimana zat tersebut sangatlah berbahaya untuk tubuh apalagi untuk tubuh si bayi.

“Zat kimia tersebut bisa berbahaya pada sistem reproduksi, saraf dan sistem daya tahan tubuh pada proses perkembangan anak, seperti menyebabkan kanker,” tulis Pramono di grup Gerakan Sadar Gizi.

Botol susu yang sedang di rebus

Botol susu yang sedang di rebus

Pramono juga menambahkan, bahwa kebiasaan merebus botol susu juga menyebabkan Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh. Ini berhubungan dengan kesehatan pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh menimbulkan bahaya.

Jadi, Jika ibu ingin membeli botol susu untuk si bayi pilihlah botol susu yang aman. Dan biasanya akan ada keterangan, berlambang #2 HDPE, #4 LDPE dan juga #5 PP. atau agar lebih mudah mengenalinya, kita hanya perlu melihat nomor 2, 4 dan 5 saja dibagian bawah botol susu bayi.

Waspadai jika botol susu sudah berubah menjadi buram, bisa jadi bagian dalamnya sudah tergores. Lebih baik botol susu bayi diganti setiap beberapa bulan sekali.

Ilustrasi botol susu yang sudah buram

Ilustrasi botol susu yang sudah buram

Untuk mensterilkan botol susu bayi Anda, cukup dengan mengocok botol susu dengan air hangat atau jika ingin mencucinya sebaiknya tidak dicuci dengan spon yang keras yang dapat menggores bagian dalam botol sehingga melepaskan senyawa berbahaya. dengan begitu akan menjadi lebih sehat dan aman.

Buat Ayah bunda yang membaca artikel ini mohon disebarkan agar mereka tahu bahaya merebus botol susu. Anda bisa menyelamatkan banyak bayi dengan share ini!!!