Minum Air Tak Layak, Timbulkan Penyakit Ini

minum-air-putih

Mengkonsumsi banyak air bermanfaat baik untuk tubuh kita. Tapi bagaimana jika air yang kita konsumsi tidak layak untuk kita minum?  hal itu sama saja dengan mengundang penyakit masuk ke dalam tubuh. Menurut Prof. dr. Umar Fahmi Achmadi, MPH, Ph.D sudah selayaknya masyarakat perlu memperhatikan lebih jeli tentang air yang dikonsumsi.

Jika tidak, berbagai penyakit dari yang ringan hingga yang berbahaya jelas akan menghantui mereka. Jangan anggap sepele, sebab setidaknya lima penyakit bisa muncul dari konsumsi air yang tidak layak.

  • Diare

Ini merupakan gejala awal dari reaksi perut yang berlawanan dengan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

  • Polio

Tak banyak yang tahu jika virus ini datang dari air di Afrika yang berkelana hingga ke seluruh penjuru dunia. Air tersebut kemudian kita konsumsi dan masuk ke dalam usus, serta menyebarkan virus tersebut ke dalam tubuh.

  • Gondokan

Penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit endemik, dimana jika air di suatu tempat memiliki kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan masyarakatnya banyak yang terkena penyakit ini.

  • Filariasis (kaki gajah)

Bisa terjangkit akibat kondisi air di suatu daerah cukup kotor dan nyamuk banyak yang berkembangbiak di dalam air tersebut. Selain itu, malaria, cikungunya, dan demam berdarah juga dapat ditularkan melalui nyamuk yang berkembangbiak di air kotor.

  • Kanker

Serta dan kerusakan ginjal juga merupakan dampak yang cukup parah akibat mengkonsumsi air tak layak minum.