Minum Air Dingin Berbahaya Bagi Tubuh, Ini Dia Alasannya

air-es

Satu kata yang tepat saat meneguk sebotol air dingin adalah segar. Apalagi minum air dingin saat cuaca panas hmmm pasti sangat melegakan. Godaannya tak ada yang bisa mengelak, air dingin  memberikan rasa sejuk pada tubuh.

Seperti dikutip dari thehealthsite.com, meski air es bisa memberi manfaat kesehatan, minum air es atau air dingin ternyata memiliki banyak kelemahan yang menghambat penceranaan manusia dan berujung pada gangguan kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Mengganggu pencernaan

Minum air es atau air dingin mampu membuat pembuluh darah Anda menyusut. Hal itu tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Proses pencernaan makanan akan terganggu dan nutrisi yang terkandung dalam makanan tidak diserap oleh tubuh.

2. Merampok nutrisi

Suhu tubuh normal manusia adalah 37 derajat Celsius, ketika minum air dingin, tubuh harus mengeluarkan energi lebih besar untuk mengatur suhu. Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Dengan begitu, energi yang sudah habis tak mampu menyerap nutrisi secara maksimal dan berujung pada kekurangan gizi.

3. Sakit tenggorokan

Minum air dingin dapat menyebabkan penumpukan mukosa pernapasan, yang merupakan lapisan pelindung pada saluran pernapasan. Ketika lapisan itu padat, saluran pernapasan menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan sakit tenggorokan.

4. Melemahkan detak jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Ini adalah saraf kranial ke 10 dan merupakan bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh yang mengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Air dingin dapat merangsang saraf yang menyebabkan denyut jantung melemah