Menyimpan Telur dalam Kulkas, dicuci Dulu atau Tidak?

resep-5-masker-telur-untuk-cerahkan-wajah

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek dan angsa.

Sering kita membeli telur itu sudah dalam keadaan kotor yaitu adanya kotoran induknya sendiri seperti ayam atau bebek yang menempel di cangkang telur. Nah, sebaiknya telur tersebut dicuci terlebih dahulu lalu disimpan dalam kulkas atau tidak usah dicuci?

Pada permukaan kulit telur terdapat banyak sekali lubang yang halus. Diatasnya terdapat semacam selaput yang menutupinya dari kuman-kuman yang akan masuk ke dalam telur. Jika telur itu dicuci dan dibiarkan diluar, maka selaput itu akan hilang. Kemudian kuman-kuman akan masuk ke dalam telur, sehingga telur-telur tersebut lama kelamaan akan menjadi busuk serta tidak bisa dimakan.

Tapi jika setelah dicuci lalu disimpan dalam lemari Es akan menjaga telur tetap higenis untuk dikonsumsi dan menghindari kontaminasi dari tokso yang menempel. Seperti ungkapan Prof dr Sunartini Hapsara, Sp.A (K), Ph.D., dalam Seminar Sehari ‘Yuk Kenali Ciri-ciri Gangguan TORCH pada Anak’ di RS Akademik UGM Yogyakarta

“Kalau menyimpan apapun di dalam lemari es, (usahakan) dicuci dulu, apalagi telur,” sarannya.

Jadi dapat ditarik kesimpulan :

  1. Jika telur belum mau dikonsumsi atau mau dimakan sebaiknya jangan dicuci
  2. Jika telur akan di simpan didalam kulkas sebaiknya di cuci terlebih dahulu.