Menghindari Kerusakan Rambut, Wanita Berhijab Wajib Lakukan Cara Ini !!!

Memakai hijab sepanjang hari bisa membuat rambut lembat, bau tak sedap serta rontok parah. Namun jika Anda rajin merawatnya maka Anda bisa memiliki rambut yang sehat meskipun berhijab. Nah jika Anda menginginkan rambut tetap sehat meskipun berhijab, sebaiknya ikuti cara merawat rambut bagi wanita berhijab berikut ini :

dian

1.Pilih bahan hijab yang dapat menyerap keringat

Memakai hijab kerap kali membuat rambut cepat lepek atau mudah berkeringat. Keringat yang berlebihan inilah yang justru bisa menimbulkan masalah pada rambut Anda seperti ketombe, lembab, rontok bau apek dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus pintar memilih bahan hijab yang akan Anda kenakan.

2. Hindari memakai hijab dalam keadaan rambut basah

Memakai hijab saat rambut Anda basah akan memicu kerontokan rambut lebih parah, gatal-gatal dan juga bau apek. Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai hijab

3. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Hal ini menghindari permasalahan rambut yang mudah patah (rapuh) atau bercabang.

4. Pilih hijab berwarna soft 

Pemilihan warna soft pada hijab untuk memberikan efek yang sejuk hingga kulit kepala.

5. Keramas dengan teratur

Anda juga harus menjaga kebersihan kulit kepala dengan keramas secara teratur. Pilihlah shampo yang tepat yang dilengkapi dengan vitamin serta masker rambut.

6. Selalu merapikan rambut (menyisir) sebelum dan sesudah berhijab

Sebaiknya selalu merapikan dengan menggunakan sisir bergigi jarang yang terbuat dari plastik agar kerontokan rambut dapat diminimalisir.

7. Istirahatkan rambut

Ketika di rumah. Anda bisa melepaskan hijab Anda dan mulai memanjakan rambut Anda untuk memberikannya waktu beristirahat. Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah agar rambut bisa bernafas menjadi lebih segar dan juga lebih sehat. cara ini juga efektif untuk meminimalisir kelembaban dikulit kepala yang memicu ketombe.

8. Konsumsi makanan yang bernutrisi 

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi untuk nutrisi rambut Anda. Adapun nutrisi yang sangat penting dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin D dan juga protein. kandungan tersebut ada dalam sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

9. Gunakan bahan alami

Anda juga bisa merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

  • kemiri =>> Caranya, cukup dengan membakar beberapa buah kemiri hingga mengeluarkan minyak. Kemudian, tumbuk kemiri hingga halus lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 1 hingga 2 jam lalu bilas hingga bersih. Tidak hanya mampu menyuburkan rambut, kemiri juga berfungsi memperkuat rambut serta membuat rambut lebih hitam.
  • santan kelapa =>> Caranya, oleskan santan kelapa secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat agar meresap. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Santan kelapa, dapat berguna untuk mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi semakin halus.
  • lidah buaya =>> Caranya, ambil lidah buaya yang masih segar, tumbuk hingga halus dan mengeluarkan lendir. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Tutup rambut menggunakan handuk atau plastik, diamkan semalaman. Keesokan paginya, basuh rambut hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin, maka rambut anda dijamin akan tumbuh subur dan lebat.
  • madu =>> Caranya, gunakan 2 hingga 3 sendok madu kemudian usapkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan secara rutin, maka anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Madu tidak hanya berfungsi menambah kesuburan rambut, tapi juga mampu membuat rambut lebih berkilau.

Semoga bermanfaat, jangan lupa like and share!