Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare, dengan Cara Ini

Resep-cara-membuat-masakan-Sayur-TUMIS-PARE-Bumbu-Enak

 

Mendengar kata”Pare”, sontak rasa pahit akan menjalar di tenggorokan. Namun di balik rasa pahit yang dikandung oleh buah atau sayur ini, tersimpan banyak khasiat bagi kesehatan kita. Buah pare bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kuning, malaria, membersihkan darah, membunuh sel kanker melancarkan pencernaan dan banyak manfaat lainnya.

Bagi yang menyukai pare dan piawai mengolah sayuran dari tanaman rambat ini, hasilnya akan menjadi makanan yang sangat lezat. Alih-alih pahit yang dirasakan, malah selera makan akan meningkat tajam. Rasa pahit yang Anda bayangkan nyaris terlupakan.

Walaupun rasanya pahit, namun olahan dari buah pare ini banyak disukai orang. Jika anda ingin mencicipinya, jangan khawatir rasa pahit buah pare bisa dikurangi . Ada trik khusus bagaimana cara mengurangi rasa pahit buah pare ini.

Untuk menghilangkan rasa pahit sama sekalinya sepertinya tidak mungkin karena memang itulah ciri khas dari buah pare yang identik dengan rasa pahit.  Bagaimana cara mengurangi rasa pahit pada buah pare, mari kita simak tips berikut :

1. Gunakan Garam

Potong pare menjadi dua bagian, buang biji dan bersihkan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya. Setelah itu iris tipis buah pare, tambahkan garam halus lalu remas-remas sampai pare lemas. Diamkan lebih kurang 15 menit, lalu cuci bersih diair mengalir. Pare siap untuk diolah sesuai keinginan.

Atau bisa juga dengan merebus pare dengan air yang ditambahkan garam sampai pare setengah empuk. Lalu tiriskan airnya. Pare siap di masak .

2. Gunakan Gula Pasir

Tak jauh berbeda tekniknya dengan menggunakan garam, hanya mengganti pengunaan garam dengan gula pasir. Meremas pare dilakukan untuk mambantu agar cairan atau disebut sebagai ekstrak pahit dalam daging buah pare bisa keluar. Sehingga pahit pada buah pare akan berkurang.

3. Daun Jambu Biji

Hampir sama dengan penggunaan garam, pare direbus daun jambu biji. Sebelum direbus, remaslah terlebih dahulu daun jambu biji yang akan digunakan. Rebus pare dalam air mendidih sekitar 5 menit saja, sampai setengah matang. Untuk ½ kg buah pare gunakan 10 lembar daun jambu biji.

4. Gunakan Lempengan Tanah Liat

Merebus pare dengan lempengan tanah liat yang dikeringkan bisa juga mengurangi rasa pahit pada buah pare. Anda tidak akan kesulitan memperoleh lempengan kering tanah liat ini, karena banyak dijual dipasar tradisional.

5. Bumbu Masak

Mengolah pare dengan variasi bumbu yang kaya menjadikan pare menjadi satu hidangan yang sangat lezat. Misalnya penggunaan bumbu kacang, kombinasi bawang bombay dan penambahan ikan teri, ebi atau udang segar pada olahan anda

Nah, sudah tak ragu lagi kan untuk membuat olahan sendiri  dari buah pare bukan ? Silahkan dipraktekan di rumah yaaa …. 🙂