4 Jenis Makanan yang Mempengaruhi Mood Anda

Apa yang kita makan bisa mempengaruhi suasana hati kita, coba mulai sekarang perhatikan dan buktikan sendiri!
Gula darah rendah misalnya, bisa menyebabkan Anda depresi, sedangkan lemak sehat bisa memerangi stres dan kecemasan. Ahli gizi dari Sovarfull, Stacy Goldberg dan Lexi Sinclair membagi kategori makanan yang bisa menentukan suasana hati Anda, dilansir dari Fashion Spot, Rabu (2/9).

Hindari makanan yang dipanggang

Makanan-makanan yang dipanggang itu sebenarnya tidak sehat, apalagi jika mengandung margarin, minyak sayur olahan, tepung putih, gula halus, dan zat aditif serta pengawet makanan. Makanan yang dipanggang sering mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan mengubah cara Anda berpikir. Sebuah studi dari University of California pada 2012 menemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi lemak trans menjadi lebih agresif ketimbang yang tidak mengonsumsi.

Roti putih sangat buruk bagi tubuh

Karbohidrat olahan dan gula sangat buruk untuk mengontrol suasana hati. Keduanya ditemukan dalam roti putih. Ini menyebabkan lonjakan gula darah kemudian turun perlahan, sehingga membuat Anda mudah lelah dan letih. Gula darah rendah menyebabkan berbagai gejala, seperti merubah suasana hati, depresi, sakit kepala, dan mudah marah.

Sebaliknya, pilihlah karbohidrat seperti beras merah, kacang-kacangan atau sayuran yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah dan menstabilkan suasana hati.

Sebaiknya makan biji chia

Biji chia adalah sumber terbesar triptofan, asam amino esensial yang mendorong suasana hati positif, tidur nyenyak, dan konsentrasi lebih baik. Tubuh kita tidak secara alami menghasilkan triptofan, jadi harus dipenuhi oleh makanan luar. Biji chia diserap perlahan ke aliran darah sehingga menjaga konsentrasi gula darah. Bila dikonsumsi rutin, biji chia akan menstabilkan suasana hati alias mood selama berjam-jam.

Almond direkomendasikan

Kacang almond mengandung tirosin dan vitamin B folat yang tinggi. Fungsinya sebagai dopamin, sebuah neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati. Kadar dopamin akan habis setiap kali Anda merasa stres, sehingga almond merupakan kudapan terbaik untuk mengisi ulang dopamin dalam tubuh Anda.

Serotonin yang terlalu sedikit juga meningkatkandepresi. Tingginya kadar protein dalam almond menjaga kadar gula darah stabil, mengurangi rasa lapar, dan energi terbuang cuma-cuma sepanjang hari.