Makanan Ini Harus Dihindari Bagi Penderita Batu Ginjal

makanan-sehat

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ginjal juga memerlukan perhatian dan perawatan husus agar fungsi kerjanya tetap berjalan baik. Apabila fungsi kerja organ ginjal mengalami ganngguan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada organ ginjal yang meliputi beragam penyakit diantara batu ginjal. 

Terbentuknya  batu ginjal disebabkan oleh adanya pengurangan atau kurangnya volume pada urine atau kelebihan unsur senyawa yang membentuk batu dalam kandung kemih atau saluran urine. Batu ginjal yang terbentuk akibat adanya infeksi di saluran kencing ini disebut dengan batu struvite atau batu infeksi.

Lalu apa sajakah makanan yang harus dihindari? Dan makanan sehat apa yang baik dikonsumsi bagi penderita batu ginjal? Dan berikut kami informasikan beberapa makanan yang harus dihaindari dan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal :

Makanan yang harus dihindari :

  1. Hindari susu dan produk susu, terutama yang telah difortifikasi dengan vitamin D
  2. Membatasi konsumsi protein tinggi. Daging kambing, keju, hati, ikan, Ayam, udang, telur. Sedangkan untuk konsumsi protein hewani, dapat menimbulkan beberapa jenis mineral di urine yang dapat membentuk batu ginjal.
  3. Membatasi konsumsi vitamin C. Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal, maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.
  4. Membatasi konsumsi garam. Dengan mengurangi konsumsi garam natrium, maka akan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal, sebaiknya ukuran konsumsinya dibatasi antara 2.500 -3.500 mg/hari, terlalu banyak garam yang dikonsumsi mengakibatkan banyaknya kalsium dalam urin yang akan memicu pembentukan batu ginjal.
  5. Makanan dengan karbohidrat tinggi. Jagung ,nasi, pasta, kentang, makaroni, ubi, kacang-kacangan.
  6. Buah masam seperti strawberry, pisang, dan jeruk juga perlu di batasi karena sistem ginjal akan tergganggu jika asupan asam terlalu berlebihan, apalagi kondisi ginjal sudah tidak sehat seperti keadaan normal yang justru akan membuat ginjal semakin memburuk,

Dianjurkan minum air putih sedikitnya 2 liter sehari untuk mencegah timbul batu ginjal, atau lebih tepat air kencing yang dihasilkan minimal 2 liter dalam 24 jam, bila air kencingnya kurang dari 2 liter berarti air minumnya kurang. Semoga bermanfaat.