Kuliner Gunung Kidul yang Bikin Nagih

Belalang-Goreng

Gunung Kidul dalah salah satu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kawasan ini tak hanya terkenal dengan deretan pantai indah. Saat melakukan pelesiran ke sana, cobalah aneka kuliner ekstremnya mulai dari jangkrik sampai belalang goreng.

Tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing tak terkecuali kuliner yang terbilang ekstrem. Kuliner ekstrem yang mudah ditemui di Gunung Kidul adalah belalang goreng. Makanan ini dapat dicari di daerah Wonosari, Paliyan atau sekitar pantai yang ada di Desa Tepus.

Wujud belalang goreng ini jika dilihat sekilas mirip kecoa. Setelah digoreng garing, warnanya berubah menjadi kecokelatan. “Tapi jangan menilai dari luarnya. Rasa belalang goreng ini seperti menggigit cangkang kepiting atau udang goreng, garing,” ujar Darsim, penjual belalang goreng kepada ROL.

Harga belalang goreng di Gunung Kidul berkisar dari Rp 15 ribu untuk satu toples. Bisa Anda habiskan untuk camilan selama perjalanan atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh yang unik untuk keluarga dan teman.

Camilan ini wajib Anda jajal ketika bertandang ke Gunung Kidul, dengan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa merasakan gurihnya belalang goreng ini. Bahkan, banyak wisatawan yang menjadikan camilan ini sebagai oleh-oleh yang bikin ketagihan.