Kenapa Masakan yang diberi MSG Terasa Lebih Lezat?

51820d9a568f1_51820d9a5e410

Saat ini Monosodium glutamat atau MSG sepertinya tidak dapat dipisahkan dari olahan masakan. Bahkan MSG dipandang sebagai bumbu pamungkas dalam setiap masakan. alasannya MSG mampu menambahkan cita rasa yang sangat lezat. Lantas kenapa masakan yang diberi MSG terasa lebih lezat?

Menurut beberapa penelitian, MSG mampu meningkatkan intensitas keempat rasa dasar dari makanan yaitu manis, asin, pahit, dan asam. Kemudian MSG juga memberikan rasa kelima yakni gurih atau yang dikenal dalam bahasa Jepang sebagai umami. Makanan yang mengandung umami cenderung dinilai tubuh sebagai makanan yang membangkitkan nafsu makan. Itulah sebabnya makanan yang diberi MSG selalu terasa lebih enak.

Walaupun begitu, ternyata tak semua masakan bisa dibubuhi dengan MSG, terutama masakan yang berasa manis dan berbumbu tajam. Sebab tindakan ini malah akan merusak cita rasa asli masakan.

Sebenarnya, rasa umami tidak hanya didapatkan dari MSG saja. Anda bisa mendapatkan rasa yang sama dari keju, tomat, kentang, kol, dan kaldu hewani yang dimasak secara alami. Selain itu takaran yang pas dari bumbu alami, garam, dan gula juga bisa menambah rasa gurih masakan. Tentu saja cara ini lebih sehat daripada menggunakan MSG yang apabila dikonsumsi secara berlebihan mampu merusak kesehatan tubuh secara perlahan.

Semoga bermanfaat 🙂