Baca 6 Kebiasaan Setelah Makan Ini Sebelum Kesehatan Anda Terancam!

Banyak orang mempunyai kebiasaan tersendiri sehabis makan, Salah satunya adalah makan buah sebagai pencuci mulut untuk menghentikan sugesti mulut asam nya. Padahal jika hal itu dilakukan pada waktu yang tidak tepat dampaknya bisa lebih berbahaya yang berujung pada gangguan pencernaan.

Seperti yang dilansir healthmeup.com, artikel ini akan membawa Anda mengetahui hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan setelah makan dan bagaimana Anda harus menyikapinya.

1. Tidur

Jangan Tidur Setelah Makan

Jangan Tidur Setelah Makan via dreamstime.com

Ini adalalah kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang setelah makan. Saat perut sudah terisi penuh, mata seakan dihujani beban ribuan ton dan tak sanggup menahan kantuk.

Faktanya, tidur setelah makan bisa memperlambat pencernaan Anda, menyebabkan kembung, dan tidak nyaman ketika bangun. Yang seharusnya dilakukan, sebaiknya Anda tetap berada dalam posisi tegak selama satu jam setelah makan agar cairan pencernaan dapat memecah makanan.

 

2. Minum Teh

Jangan Minum teh Setelah Makan

Jangan Minum teh Setelah Makan

Baik teh hangat maupun es teh adalah salah satu minuman yang dilarang setelah makan, hal ini di karenakan asam yang terkandung dalam daun teh yang dapan menghambat pencernaan makanan di perut anda. Asam dalam daun teh ini dapat mengeraskan protein yang terkandung di dalam makanan, sehingga makanan yang sudah kita makan akan sulit untuk di cerna dan di serap oleh tubuh. Perempuan dan anak anak beresiko sangat tinggi. Pernah baca/dengar bukan bahwa Teh Pahit bisa mengurangi atau menyembuhkan diare?

Baca Juga Bahaya Minum Teh Setelah Makan

3. Makan Buah

 

 

Jangan Makan Buah Setelah Makan

Jangan Makan Buah Setelah Makan

Pada umum nya, pencuci mulut yang paling di minati adan murah adalah buah buahan.  Sebenarnya tidak menjadi masalah jika rentang waktu nya tidak cukup dekat dengan waktu makan kita.

Buah adalah salah satu jenis makanan yang sangat cepat untuk dicerna. Jika Anda memakan buah setelah makan makanan utama, kandungan sehat dalam buah tidak akan berpengaruh dan justru hanya menyebabkan gas. Cobalah untuk makan buah-buahan satu atau dua jam sebelum makan. Buah bisa menjadi camilan sehat di antara waktu makan.

 

Justru di anjurkan makan buah adalah sebelum makan

4. Minum Banyak air

Jangan Minum banyak air saat atau setelah makan

Jangan Minum banyak air saat atau setelah makan © Royalty-Free/Corbis

Minum air pada saat makan tidak di anjurkan, namun jika anda sangat perlu untuk minum, maka cukuplah dengan sedikit air atau seperlunya saja.

Namun, saat setelah makan ada jangan banyak minum. Karena jika lambung anda sudah penuh dengan air, akan sangat sulit pencernaan anda memecah makanan. Jadi secukupnya saja ya..

5. Mandi

Jangan Mandi Setelah Makan

Jangan Mandi Setelah Makan via : finestshower.com

Banyak orang setelah sarapan kemudian dilanjutkan dengan mandi sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Kebiasaan itu justru tidak baik bagi kesehatan khusunya pencernaan. Ketika Anda mandi, suhu tubuh akan meningkat dan sebagian besar darah ditarik ke permukaan kulit hingga lengan.

Hal itu tentunya akan berdampak pada sistem pencernaan dan perlahan merusak kandungan dalam makanan Anda.

 

6. Olahraga

Jangan Berolahraga Berat Setelah Makan

Jangan Berolahraga Berat Setelah Makan via indiatimes.com

Olahraga memang bagus di lakukan untuk tubuh anda. Namun pada saat setelah makan tubuh anda memerlukan banyak energi untuk pencernaan anda.  Jika anda memaksakan untuk berolahraga berat setelah makan, sistem pencernaan anda akan tidak berfungsi secara normal, akibatnya anda bisa mengalami mual, kram, bahkan diare.

 

Menulis seputar resep dan info kuliner cukup menyenangkan. Selain menambah wawasan pribadi, juga bisa sambil berbagi :)