Jurus Ampuh Meredakan Batuk dengan Cepat

cara-cepat-menghilangkan-batuk-berdahak

Cuaca panas dan banyaknya debu dimusim kemarau membuat banyak bakteri hinggap pada tubuh kita. Itulah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, salah satunya batuk. batuk bisa disembuhkan dengan penanganan sendiri. berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan batuk yang bisa Anda lakukan di rumah :

1. Minum cukup

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu dapat menyebabkan postnasal drip (akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menyebabkan lendir menetes ke bawah dari belakang hidung). Minum cukup akan membantu menipiskan lendir di lapisan hidung. Selain itu, minum baik untuk menjaga selaput lendir tetap lembap.

2. Mandi air hangat 

Mandi air hangat dapat membantu melonggarkan lendir dan dahak. Jika batuk Anda kering, cara ini akan melembapkan saluran pernapasan dan membuat lega tenggorokan yang gatal.

3. Aromaterapi

Minyak esensial tertentu mampu merangsang paru-paru untuk mengusir lendir dan melawan infeksi. Salah satu cara paling sederhana dalam menggunakan aromaterapi adalah dengan menyiapkan bak ukuran sedang yang telah diisi uap air lalu memasukkan minyak esensial ke dalamnya. Gunakan handuk untuk menutupi kepala saat Anda menempatkan wajah di atas uap. Ambil napas yang dalam melalui mulut, sehingga minyak esensial dapat mencapai ke paru-paru.

4. Hindarkan diri dari polutan

Parfum dan pewangi kamar mandi memang tidak membahayakan, namun bagi sebagian orang dapat menyebabkan iritasi sinus kronis dan menghasilkan lendir tambahan yang mengarah ke batuk kronis. Begitu juga dengan asap rokok, debu, dan polutan lainnya. Gunakan masker wajah bila diperlukan.

5. Mengonsumsi obat

Jika mandi air hangat dan cara lainnya tidak bekerja, Anda juga bisa mengonsumsi obat untuk meredakan batuk. Hubungi dokter jika batuk berlangsung lebih dari 4 minggu, atau jika Anda mengalami batuk darah atau gejala lain seperti penurunan berat badan, menggigil, dan kelelahan.