Inilah, 8 Bahaya Mengerikan Tidur Dekat Hp yang Menyala

664xauto-bahaya-tidur-dekat-dengan-ponsel-menyala-141008p

Saat ini handphone telah menjadi sahabat paling setia manusia, bisa dikatakan di zaman sekarang tak ada seorang pun yang tidak memiliki handphone. Handphone telah berubah dari barang mewah yang dulu hanya segelintir orang saja mampu memilikinya, namun sekarang bahkan anak-anakpun sudah banyak yang mahir menggunakan handphone. Namun, meskipun sebagai sahabat ternyata handphone juga menyimpan bahaya tersendiri yang tidak disadari oleh pemiliknya. Apalagi tak jarang ketika mereka tidur handphone juga berada di dekatnya. Handphone memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya.

Menurut data WHO, radiasi handphone bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor. Dan berikut bahaya yang diperoleh saat tidur dekat dengan handphone yang menyala :

  1. Perasaan tegang dan waspada
    Jika anda sering tidur di dekat handphone yang menyala rentan dihantui sindrom hypervigilance . Hypervigilance mengacu pada perasaan yang terus-menerus tegang dan waspada. Area tertentu di bagian belakang otak Anda akan selalu mengharapkan ada panggilan dan akibatnya otak sulit melakukan relaksasi.
  2. Menghambat metabolisme tubuh
    Diketahui bahwa ketika seseorang tertidur sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi handphone, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.
  3. Dapat menyebabkan kanker
    Hampir sama dengan tumor otak, radiasi handphone juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan handphone, seperti kulit dan telingga. Tak jarang anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terpapar radiasi handphone sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak sadar kerap meletakkannya di bawah tubuh dan menindihnya.
  4. Terbakar dan meledak
    Media massa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitakan kasus handphone meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tertidur sehingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang dayanya dan kemudian tertidur di sisinya, ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, maka ponsel akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.
  5. Menyebabkan kelelahan
    Handphone yang berada dekat dengan pemiliknya dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak nyenyak. Meskipun tertidur, namun sesungguhnya otak masih tersadar, dengan ditandai masih mengingat beberapa hal yang terjadi ketika tertidur. Hal ini dapat membuat kelelahan ketika bangun keesokan harinya.
  6. Memperparah Alzheimer
    Penyakit Alzheimer memang tidak menular dan umumnya menyerang seseorang yang sudah tua. Namun, bagi mereka yang terbiasa tidur di dekat perangkat ini, radiasinya dapat mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer
  7. Menyebabkan tidak bisa tidur dengan nyenyak
    Handphone dapat membuat seseorang jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak, entah karena asyik memainkan permainan, berteleponan, sibuk membalas pesan dari kolega, atau membaca informasi-infromasi dari internet. Bahkan beberapa kasus ada orang yang terkena serangan jantung saat tidur dekat handphone yang menyala, hal ini karena dalam situasi handphone menyala dapat mengagetkan pemiliknya saat sedang tertidur.
  8. Menyebabkan sakit kepala
    Radiasi handphone bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

Mengingat begitu banyaknya dampak negatif tidur di dekat handphone, maka mulai saat ini Anda dapat putuskan, apakah Anda akan tetap tidur di dekat handphone Anda dengan resiko mengalami salah satu atau beberapa dampak yang telah disebutkan di atas, atau apakah Anda akan mulai menjauhkannya, sehingga tidur Anda dapat kembali nyenyak dan berkualitas. Semoga bermanfaat 🙂