Ini Nih, Tips Mudah Mengolah Daun Pepaya agar Tidak Pahit

03112008580

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Buahnya mempunyai rasa yang manis dengan warna jingga, sehingga orang-orang menyukainya. Meskipun demikian, tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, daun pepaya juga mempunyai manfaatnya sendiri yang tidak kalah banyak dengan buahnya. Tetapi, rasa daun pepaya berbanding terbalik dengan buahnya karena sangat pahit. Dalam tulisan ini maka Anda akan menemukan cara memasak daun pepaya agar tidak pahit.

Sebelum mengetahui resepnya, inilah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

  • Memudahkan buang air besar,
  • Mengatasi jerawat,
  • Obat untuk demam berdarah,
  • Mencegah kanker,
  • Mengontrol tekanan darah,
  • Mengurangi nyeri saat haid.

Itulah beberapa kegunaan daun pepaya yang luar biasa. Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan kepahitannya:

  1. Daun pepaya direbus bersama dengan tanah liat hingga empuk kemudian dicuci hingga bersih. Ini merupakan cara yang sudah biasa dilakukan para ibu zaman dahulu.
  2. Merebus daun pepaya bersama dengan daun jambu biji. Setelah ditiriskan, daun kembali direbus sekali lagi.
  3. Daun pepaya dan daun jambu mete dicampur, lalu direbus bersama-bersama. Setelah mendidih dan ditiriskan, kedua daun dipisah.
  4. Merebus daun pepaya dan daun singkong bersama-sama hingga mendidih, tiriskan, dan pisahkan. Tetapi ada juga yang lebih memilih memakannya bersama dengan daun singkong.
  5. Meremas daun pepaya hingga layu dengan segenggam garam. Didiamkan kurang lebih 5 menit, kemudian daun pepaya dibersihkan dan direbus sebentar.
  6. Yang paling praktis adalah meremas daun pepaya untuk menghilangkan getahnya. Akan lebih baik lagi jika meremas di bawah air keran atau air yang mengalir sehingga getah larut. Remas hingga daunnya layu dan tidak hijau lagi.

Ternyata daun pepaya memiliki banyak sekali manfaat bukan? dan sudah menjadi makanan yang diolah oleh para leluhur kita sejak dulu. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk menghindari memasak dengan menggunakan daun ini, apalagi dengan manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh.