Cumi-cumi Bermanfaat untuk Menurunkan Kolesterol, Benarkah?

060102000_1431503872-cumi

Hewan laut yang berasal dari keluarga Loliginidae ini dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Cumicumi merupakan hewan laut yang sering dikonsumsi banyak orang. Namun, masih banyak yang tidak tau manfaat dari hewan ini. Dari tekstur yang kenyal ini mengandung banyak sekali manfaat apalagi pada tinda hitamnya. oleh karena itu jangan buang tinta hitam saat anda mengolahnya.

Salah satu manfaatnya yaitu mampu menurunkan kolesterol dan masih banyak manfaat lainnya   Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat cumi-cumi tersebut.

1. Menurunkan kolestrol

Cumi-cumi memiliki manfaat menurunkan kadar kolestrol karena mengandung omega 3. Omega 3 merupakan salah satu asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

2. Sehat bagi jantung

Tak hanya mengandung omega 3, cumi-cumi juga kaya akan protein serta mineral seperti seng, tembaga, yodium, maupun vitamin B. Kandungan tembaga dalam cumi baik untuk metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.

3. Menambah nafsu makan

Kandungan mineral dalam cumi-cumi juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan ini termasuk riboflavin dan niasin yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mengoptimalkan sel darah putih

Penelitian terbaru mengungkapkan zat khusus dalam tinta cumi dapat mengaktifkan sel-sel darah putih. Hal ini membuat kinerja sel darah putih dalam memerangi kuman penyakit menjadi lebih optimal.

5. Mengatasi tumor

Tinta cumi juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tumor. Caranya dengan menginjeksikan tinta tersebut ke tubuh penderita. Namun perlu adanya konsultasi terlebih dahulu maupun pengkajian lebih lanjut dalam memanfaatkannya.

6. Menghilangkan bekas cacar

Seseorang yang baru sembuh dari penyakit cacar biasanya memiliki bekas di kulit. Bekas di kulit tersebut cukup mengganggu penampilan. Untuk memperbaikinya dapat memanfaatkan cumi-cumi dengan cara:

  • Jemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih
  • Setelah itu cumi-cumi yang kering tersebut ditumbuk
  • Ayak tumbukan cumi sehingga di dapat serbuk yang sangat halus
  • Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat untuk mengatasi bekas cacar.