Cepat Langsing Dengan Konsumsi Pisang

5-manfaat-buah-pisang-untuk-perawatan-kesehatan-kulit-wajah

Memiliki tubuh langsing ideal pasti menyenangkan bukan? Oleh karena itu banyak orang melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh ideal. Menurunkan berat badan tidak dapat dianggap sepele. Semua aspek kesehatan harus diperhatikan, dari kondisi tubuh, target laju penurunan berat badan hingga pemilihan nutrisi dari pola makan.Karena turun berat badan terlalu cepat dalam waktu singkat tidak baik juga bagi kesehatan.

Tapi tenang, ternyata mengonsumsi pisang mampu menurunkan berat badan lho. Ya, Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak di konsumsi orang. Bahkan di Amerika, konsumsi pisang jauh lebih banyak dibandingkan konsumsi dari apel maupun jeruk. Selain karena rasanya yang enak, pisang juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja vitamin tersebut?

Nutrisi yang terkandung dalam pisang antara lain:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B6
  3. Riboflavin
  4. Vitamin C
  5. Karbohidrat
  6. Fiber
  7. Protein
  8. Besi, dll.

Pisang juga terbukti dapat menurunkan depresi. Hal ini dibuktikan dari kandungan triptofan yang banyak ada pada pisang.

Triptofan ini kemudian akan dikonversi menjadi serotonin yang berperan sebagai neurotransmitter untuk memberikan rasa senang. Selain itu, memakan pisang terbukti dapat mencegah keram saat dan sesudah olahraga.

Bahkan di Jepang, pisang dijadikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan yang dikenal dengan istilah ‘Morning banana diet’. Pada morning banana diet ini orang diperkenankan untuk memakan pisang sebagai sarapan mereka. Menu makan siang dan makan malam tidak ditentukan, namun untuk makanan selingan atau snack juga harus mengkonsumsi pisang saja. Dalam diet ini, orang tidak diperkenankan untuk makan lebih dari jam 8 malam dan harus tidur sebelum tengah malam.

Diet ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang cukup singkat. Menurut peneliti, hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal :

  • Pisang merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat ini dapat memperpanjang rasa kenyang dan  ‘mendorong’ kalori menuju sistem pencernaan sebelum diserap oleh tubuh.
  • Resistant starch (pati dan produk-produknya yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar -Red) yang ditemukan pada pisang dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 20-25%.

Selamat Mencoba ^^