Bisa Makan Makanan Favorit tapi Tetap Sehat, Begini Caranya

Pindang-Iga-Sapi

Makanan sehat itu bukan hanya ikan dan dada ayam tanpa kulit. Kalori, protein, dan lemak dari sumber-sumber, seperti keju, daging merah, dan telur juga penting. Peneliti dari Tufts University mengatakan Anda tetap bisa makan apa saja menu favorit yang Anda sukai. Mereka menganalisis pola diet 120 ribu orang dewasa lebih dari dua dekade.

Peneliti menemukan fakta bahwa orang yang sering makan daging sapi dengan lemak tinggi, namun pada saat yang sama menjaga kualitas karbohidratnya, seperti biji-bijian, buah, dan sayuran justru meningkatkan kualitas hidup sehat mereka. Orang-orang tersebut bahkan tetap bisa menjaga tubuh idealnya.

Ada juga orang yang makan karbohidrat sederhana, seperti kentang dan roti putih, namun pada saat yang sama makan steak dan cheddar justru cepat meningkat bobot tubuhnya. Apa yang salah dari semua ini?

Para ahli percaya bahwa kombinasi karbohidrat kompleks dan protein serta lemak bekerja sama menjaga kadar gula darah tetap stabil. Metabolisme tubuh juga meningkat dan tubuh tetap sehat.

“Hal terpenting adalah fokus pada kualitas karbohidrat yang Anda makan, ketimbang memberi cap satu makanan itu jelek atau buruk untuk kesehatan,” kata salah satu peneliti, Jessica Smith, dilansir dari Glamour, Senin (24/8).

Apa saja kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat untuk tubuh?

Pertama, jika Anda makan daging maka kombinasikan dengan kubis atau sejenisnya. Ini bisa juga dicampur dengan tumisan sayur dengan minyak zaitun, maka karbohidrat dan protein menjadi seimbang.

Kedua, jika Anda menyukai kudapan berbahan keju, maka sebaiknya jangan yang berbentuk kerupuk. Cobalah kudapan keju dengan campuran buah anggur, apel kecil, atau sepotong melon.

Ketiga, jika Anda menyukai telur maka jangan yang berbentuk pancake. Cobalah memasak telur dengan bayam atau campuran sayur lain dalam bentuk orak-arik telur atau telur dadar.

Keempat, jika Anda menyukai daging, hindari memasaknya dengan kentang goreng. Cobalah mencampurkannya dengan kembang kol atau labu. Jika tetap meninginkan kentang, sebaiknya dimasak dengan cara direbus lalu ditumbuk. Potongan ubi dengan garam dan minyak zaitun kemudian dipanggang juga bagus.