Anda Ingin Tidur Nyenyak? Makan Makanan Ini

 

Banyak yang mengatakan bahwa makan makanan berat dan makanan tertentu dapat membuat Anda terbangun di malam hari, oleh karenannya hal ini dihindari. Tapi sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang benar-benar dapat menenangkan saat Anda tidur.

Secara khusus, makanan yang mengandung tryptophan (asam amino yang berubah menjadi zat kimia penenang otak seperti serotonin dan melatonin), karbohidrat gandum (yang meningkatkan produksi serotonin), mineral tertentu (seperti menenangkan kalsium dan magnesium), dan beberapa tumbuhan (yang memiliki efek relaksasi) dapat membuat anda cepat mengantuk.

Jika Anda ingin mengemil pada malam hari, tapi tidak ingin tidurnya terganggu, berikut pilihan yang terbaik, yang dilansir dari Sleep Senin (14/9).

  • Semangkok kecil sereal whole grain dengan susu
    Susu mengandung triptofan, kalsium, dan magnesium, ditambah dengan sereal yang mengandung karbohidrat dan magnesium yang dapat membuat Anda merasa mengantuk. Pilihlah sereal yang rendah gula, sehingga Anda tidak mendapatkan lonjakan gula darah yang membahayakan. Atau membuat oatmeal panas dengan susu, karena oatmeal merupakan sumber yang kaya melatonin yang membuat Anda nyaman saat tidur.
  • Setengah sandwich turki
    Buatlah dengan roti gandum yang kaya karbohidrat kompleks dan magnesium dan beberapa iris kalkun yang merupakan bahan paling terkenal mengandung triptofan, sehingga anda akan siap untuk memukul jerami dalam waktu singkat. Anda juga bisa mengoleskannya dengan cranberry opsional yang rendah gula, terlebih jika anda mendambakan perasaan Thanksgiving.
  • Secangkir teh herbal (tanpa kafein)
    Chamomile, passionflower, dan teh valerian masing-masing memiliki efek penenang. Untuk dosis ekstra tenang, tambahkan satu sendok teh madu, yang mengandung tryptophan.

Makanan ini dipastikan aman, dan dapat membuat Anda cepat tertidur sekaligus membuat tidur nyenyak. Selamat mencoba 🙂