6 Makanan Mujarab Penghilang Stres

makanan-penghilang-stres

Rutinitas yang bertumpuk serta problem membumbuinya pasti menimbulkan stres. Jika stres datang, apa yang akan Anda lakukan?

Tiap orang biasanya punya cara sendiri untuk melepaskan dirinya dari stres, misalnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau beribadah. yang terpenting jangan lampiaskan ke hal yang negatif yach …

Tahukah Anda bahwa stres juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi hidangan-hidangan berikut ini? Berikut ini adalah 6 kudapan lezat yang bisa Anda santap untuk melepas stres, seperti dilansir dari Elle.com pada Minggu (12/4/2015).

Biskuit Gandum Murni dengan Selai Kacang
Biskuit gandum murni yang kaya akan karbohidrat kompleks dapat membantu menstabilkan level gula darah. Sementara selai kacang menyediakan protein dan lemak yang juga membantu mengatur kadar gula darah. Menjaga kestabilan gula darah itu penting bagi kondisi emosional seseorang. Kadar gula darah bisa meningkatkan atau mengurangi level energi yang berdampak langsung pada mood.

Salmon Sushi Roll dengan Beras Merah
Ikan salmon mengandung Omega 3 yang berguna baik bagi jantung. Kandungan salmon atau juga makarel dan sarden dapat mengatur mood dan membuat otak sehat. Mengganti beras putih dengan beras merah pada sushi akan menambah karbohidrat kompleks yang membuat level serotonin Anda bertambah. Serotonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga Anda tetap tenang.

Kacang Mede
Kacang mede memiliki kandungan magnesium dan tryptophan yang bisa menenangkan kondisi Anda. Selain itu kacang mede juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh Anda. Zinc merupakan mineral untuk memperkuat sistem imun di saat stres.

Dark Chocolate
Coklat merangsang otak untuk merilis hormon endorfin yang bisa membawa good feeling pada diri Anda. Selain itu, coklat juga bisa menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi coklat 70 persen dapat meningkatkan antioksidan dan menambah level endorfin serta serotonin di tubuh Anda.

Green Tea
Green Tea disebut berfungsi untuk meredakan stres dan tingkat kecemasan. Green tea juga mengandung theanine yang dapat mendorong relaksasi.