6 Khasiat Mengonsumsi Kacang Tanah Bagi Kesehatan

manfaat-kacang-tanah

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Sehingga kacang tanah sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia.

Meski ukurannya kecil, namun kacang tanah memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi. Kacang tanah merupakan sumber protein yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Selain itu, kacang tanah juga menyimpan lebih banyak lagi manfaat kesehatan. Penasaran? Ini dia manfaat kacang tanah, seperti dilansir oleh Mag for Woman.

1. Mengontrol kolesterol
Kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang tanah juga bisa menurunkan tingkat kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan koroner.

2. Menurunkan gula darah
Pasien diabetes bisa mengambil manfaat dari kacang tanah. Kacang tanah kaya akan mangan dan bisa membantu penyerapan kalsium dan lemak. Dengan begitu, kacang tanah juga baik untuk menjaga tingkat gula darah. Kacang tanah juga kaya antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Menurunkan depresi
Kacang tanah dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan mood. Ini karena kacang tanah mengandung banyak tryptophan yang membantu melepaskan zat kimia khusus yang bisa menurunkan tingkat depresi. Jika lain kali Anda merasa depresi, coba konsumsi kacang tanah.

4. Sumber energi
Kacang tanah juga bisa menjadi sumber energi yang baik. Ketika Anda merasa lelah atau tak berenergi, mengonsumsi kacang tanah bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Kacang tanah mengandung antioksidan dan mineral yang bisa menjadi energi instan untuk tubuh. Kacang tanah juga membantu menurunkan berat badan karena tak banyak mengandung karbohidrat dan lemak, namun cukup mengenyangkan.

5. Mencegah kanker
Kacang tanah mengandung banyak asam p-coumaric yang membantu menurunkan risiko kanker perut. Kacang juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita hingga 40 persen.

6. Mencegah batu ginjal
Kacang tanah dalam bentuk alami atau selai kacang bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kacang tanah juga mencegah pembentukan berbagai macam batu dalam tubuh serta infeksi lever hingga 50 persen.

Itulah beberapa manfaat besar yang diberikan kacang tanah untuk kesehatan. Jangan remehkan bentuknya yang kecil, karena kacang tanah menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda. Cara mengolahnyapun mudah sekali bisa direbus disangrai dan masih banyak lainnya. Selamat Mencoba!