5 Makanan Ampuh Memperbaiki Suasana Hati

Lemon slices background

Jangan pernah meremehkan suasana hati Anda sebab kalau hati sedang dalam kondisi buruk, bisa merusak kesehatan bahkan bisa berakibat pada kematian. Tapi tenang dulu, ternyata ada beberapa makanan yang berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati.

Berikut ini lima makanan yang bisa memperbaiki suasana hati seperti dilansir Indian Express.

  • Jeruk
    Buah seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon kaya kandungan vitamin C yang bisa mengurangi stres, simpul penelitian dalam jurnal Psychopharmacology pada 2002. Jadi, ketimbang mengkonsumsi “junk food” saat stres, lebih baik mencoba makanan yang lebih sehat untuk membantu Anda lebih tenang.
  • Daging, ikan dan kalkun
    Ikan, daging dan kalkun mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin ini membantu menjaga homocysteine berada pada level rendah. Berdasarkan artikel Archieves of General Psychiatry, homocysteine dalam jumlah tinggi dapat menjadi indikator depresi terutama pada perempuan.
  • Ikan dan benih lenan
    Makanan terutama yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dan salmon, benih lenan dan minyaknya, bisa membantu tubuh melawan emosi negatif dan sebaliknya, akan mendatangkan dampak positif bagi suasana hati.
  • Cokelat hitam
    Sedikit asupan cokelat hitam bisa meningkatkan jumlah hormon endorfin tubuh. Hormon ini berhubungan dengan perasaan bahagia.
  • Kacang, telur dan sayuran hijau
    Makanan yang mengandung vitamin B mampu menciptakan neurotransmitter seperti serotonin dalam tubuh yang membantu pikiran lebih tenang dan mengurangi rasa cemas