2 Zat dalam Durian ini Sangat Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Bahaya Durian Bagi Ibu Hamil

Bahaya Durian Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil sering kali mempunyai keinginan memakan beragam makanan yang di inginkanya, keinginan tersebut biasa di sebut Ngindam. Hal tersebut wajar terjadi, namun tetap harus berhati hati dengan makanan yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh dan janin yang di kandung nya?

Lalu, Apakah boleh ibu Hamil makan Durian?

Pada dasarnya ibu hamil boleh boleh saja mengkonsumsi durian asalkan secukupnya (sedikit) saja. Karena ada 2 zat yang terkandung dalam durian yang cukup berbahaya bagi perkembangan janin. Apa itu?

1. Asam Arakidonat / Arachidonic acid

Asam arakidonat yang terkandung dalam buah durian adalah senyawa yang menjadikan bibit terbentuknya prostaglandin atau senyawa yang dapat merangsang kontraksi yang mengakibatkan Keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trisemester akhir.

 

2 . Alkohol

Kandungan alkohol dalam buah durian akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin sehingga dapat mengakibatkan lahir prematur dengan berat badan yang rendah saat kelahiran.

 

Walaupun demikian, anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi buah durian dalam jumlah terbatas. Jika sangat menginnginkan makan durian, anda bisa mengkonsumsi buah durian tidak lebih dari setengah buah (Sedang) dalam sehari. 

Lalu, Bagaimana dengan mengkonsumsi Bahan Olahan dari Buah Durian?

Pada dasarnya bahan olahan durian tetap mengandung alkohol dan asam arakidonat namun dalam jumlah yang lebih kecil ketimbang buah durian yang segar. Namun bukan berarti anda dapat mengkonsumsi olahan durian dalam jumlah banyak. Untuk sebagian makanan olahan dari durian, proses dan bahan bahan yang digunakan sangat menentukan kandungan nutrisi untuk kesehatan anda dan janin anda.

Misalnya saja makanan olahan dari buah durian seperti es cream durian yang mengandung lemak cukup tinggi dan juga gula berlebih sehingga di khawatirkan apabila di konsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan bagi ibu dan janin. Pada ibu hamil pembatasan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula sangatlah penting untuk mengontrol berat badan bayi. Karena bayi yang memiliki berat badan berlebih akan beresiko mengalami Operasi Caesar pada saat persalinan.

Tempoyak dan makanan dari bahan buah durian atau yang lainya yang dalam proses pembuatanya harus difermentasi sangat tidak di sarankan untuk ibu hamil.

 

Kesimpulanya adalah, Ibu hamil tetap boleh mengkonsumsi buah durian selama dalam batas wajar yakni maksimal setengah buah durian (sedang) dalam sehari atau sebaiknya kurang dari itu untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Namun, bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah durian baik sedikit atau pun cukup karena akan mengganggu kesehatan ibu dan janin.

 

 

Menulis seputar resep dan info kuliner cukup menyenangkan. Selain menambah wawasan pribadi, juga bisa sambil berbagi :)